Toyota Yaris Cross Hybrid sudah diumumkan harganya, tipe tertinggi ada diangka Rp449 jutaan.

Harga Yaris Cross hybrid memang cukup tinggi, mengingat hybrid lain dari Toyota ada juga yang banderolnya beririsan.

Satu diantaranya Innova Zenix hybrid tipe G yang harganya per Juni 2023 ada di Rp464 juta atau cuma selisih Rp15 jutaan dari Corolla Cross Hybrid.

Selain harganya, ada beberapa hal menarik lain antara Yaris Cross hybrid dan Innova Zenix hybrid, sebab kedua mobil hybrid ini sama-sama diproduksi di Indonesia.

Kemudian keduanya juga pakai teknologi Toyota Hybrid System (THS) yang mirip, meskipun jenis baterai yang dipakai masing-masing mobil tersebut berbeda.

Selain itu, dua mobil ini juga menawarkan EV mode yang memungkinkan kendaraan melaju hanya dengan motor listrik dan baterai tanpa membutuhkan bensin sekalipun.

Jadi, untuk pilihan mobil hybrid di bawah Rp500 juta, manakah yang lebih rasional untuk dimiliki?

Toyota Yaris Cross hybrid atau Innova Zenix hybrid?

Toyota Yaris Cross Hybrid Beda Konfigurasi dengan Innova Zenix
Kalau dilihat dari segi dimensi, jelas ada perbedaan antara Yaris Cross dan Innova Zenix.

Panjang tubuh Yaris Cross hanya 4,3 meter (m), sementara Innova Zenix sampai 4,7 m.

Kemudian wheelbase Yaris Cross 2,6 m dan Innova Zenix 2,8 m.

Diferensiasi ini lantaran segmen yang dituju dari masing-masing mobil tersebut berbeda.

Yaris Cross masuk ke kelas SUV crossover 5 penumpang, sementara Innova Zenix medium MPV.

Dengan demikian jelas perbedaannya, kalau Anda membutuhkan mobil berkapasitas tujuh penumpang yang mungkin sewaktu-waktu harus membawa seluruh anggota keluarga, maka Innova Zenix pilihannya.

Tapi kalau cukup mobil harian yang dikemudikan sendiri atau maksimal 2-3 penumpang, rasanya Yaris Cross dengan dimensi lebih compact adalah pilihan tepat.

Sama-sama Pakai Mesin Baru
Dari segi spesifikasi teknis, antara Yaris Cross hybrid vs Innova Zenix Hybrid keduanya pakai mesin baru yang dikembangkan oleh Toyota.

Meski begitu kedua mobil ini menggunakan platform yang berbeda.

Yaris Cross memakai platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sementara Innova Zenix pakai Toyota New Global Architechture atau TNGA.

Sementara mesinnya, Yaris Cross berkode 2NR-VEX dengan kapasitas 1.5-liter yang merupakan turunan dari mesin 2NR Toyota yang juga dipakai pada All New Avanza dan Veloz.

Adapun Innova Zenix menggunakan mesin 2.0-liter M20A-FXS yang merupakan versi hybrid dari mesin Toyota Voxy.

Karena ada perbedaan mesin, maka tenaga yang dihasilkan juga tentunya berbeda, ini mempertimbangkan pula dimensi serta bobot kedua mobil yang juga tak sama.

Di Yaris Cross hybrid, untuk mesin bensinnya mampu menghasilkan tenaga puncak 91 PS pada 5.500 rpm dengan torsi 121 Nm di 4.000-4.800 rpm.

Kemudian motor elektriknya mampu menghasilkan daya maksimum 80 PS dengan torsi 141 Nm.

Untuk Innova Zenix hybrid tenaga puncak mesin bensinnya 152 PS di 6.000 rpm dengan torsi 187 Nm di 4.400-5.200 rpm.

Adapun motor elektriknya menghasilkan daya maksimum 113 PS dengan torsi 205 Nm.

Bisa Melaju Hanya Pakai Motor Elektrik dan Baterai

Baik Yaris Cross maupun Innova Zenix memiliki cara kerja sistem hybrid yang mirip, keduanya juga menyediakan mode berkendara EV Mode, meskipun dengan jarak yang terbatas.

Berdasarkan hasil pengujian kami dari dua mobil hybrid ini, sistem motor elektrik dan baterai bekerja penuh pada saat kendaraan melaju dengan kecepatan rendah.

Namun pada saat pedal gas diinjak lebih dalam demi mendapatkan akselerasi, sistem elektrik ini langsung berpindah jadi hybrid dengan mengaktifkan mesin bensinnya.

Satu hal yang perlu dicatat, pada saat EV mode diaktifkan, Anda tidak akan bisa membiarkan kondisi ini terus terjadi sampai daya listrik di baterai benar-benar habis selayaknya mengemudikan mobil listrik murni (BEV).

Karena pada saat kondisi baterai sudah mulai berkurang, mesin bensin akan otomatis bekerja dan daya listrik pada baterai terisi melalui sistem energi regeneratif.

Kemudian jenis baterai yang digunakan pada kedua mobil ini juga tak sama, pada Yaris Cross menggunakan jenis Lithium-ion sementara di Innova Zenix jenisnya Nickel Metal.

Yaris Cross Sudah Ada TSS dan Panoramic Roof

Dari segi fitur, kedua mobil ini sebenarnya cukup identik.

Misalnya untuk pengemudi sudah disediakan beberapa mode berkendara, yaitu EV Mode, ECO Mode, dan Power Mode.

Kemudian keduanya juga sudah pakai meter cluster full digital, audio steering switch, dan pengaturan jok pengemudi yang sudah elektrik.

Tapi karena Yaris Cross hybrid adalah tipe tertinggi, sudah dilengkapi panoramic glass roof dan Wireless Charger, sedangkan di Inova Zenix baru tipe Q yang mendapatkan fitur ini.

Begitu pula dengan fitur keselamatannya, di Yaris Cross hybrid sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS).

Fitur ini meliputi Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Lane Departunre Warning, Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control , Front Departure Alert, Lane Keeping Control, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, hingga Automatic High Beam.